WISATA BLITAR part. 01

MAKAM Ir.SOEKARNO

Makam Bung Karno, merupakan Makam Presiden Pertama Indonesia yang terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. awa Timur. Makam Bung Karno, didampingi pada kiri kanan oleh Makam Ayahanda “ R. Soekani Sosrodiharjo” dan makam Ibunda “Ida Aju Njoman Rai”.

Memasuki Makam ini dimulai dari sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan. Bangunan utama disebut dengan Cungkup Makam Bung Karno. Cungkup Makam Bung Karno berbentuk bangunan Joglo, yakni bentuk seni bangunan jawa yang sudah dikenal sejak dahulu. Cungkup Makam Bung Karno diberi nama Astono Mulyo. Diatas Makam diletakkan sebuah batu pualam hitam bertuliskan : "Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia."

PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO

Perpus Bung Karno

Perpustakaan bertaraf internasional ini terletak di sebelah selatan manyatu dengan kompleks Makam Bung Karno yaitu di Jalan Kalasan no. 1 Blitar. Perpustakaan Proklamator BK dikelola oleh Perpustakaan Nasional RI melalui UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno (PPBK) di Kota Blitar. Di samping bangunan perpustakaan, PPBK ini diisi dengan 2 karya seni yang berupa patung Bung Karno yang terletak di tengah gedung A lantai 1, serta dinding relief berisi perjalanan hidup Bung Karno yang membentang di pinggir kolam dari arah perpustakaan kea rah makam.

Patung Bung Karno
Relief yang ada di dinding tersebut menceritakan tentang Bung Karno di masa muda, di masa perjuangan, serta di masa tuanya. Dengan adanya Perpustakaan Proklamator Bungkarno di kota Blitar ini merupakan icon yang sangat strategis, selain menambah sumberdaya yang ada di Kota Blitar juga strategis dalam rangka mewujudkan nation dan building Indonesia. Fungsi Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai pusat study nantinya akan memberikan sumbangan pada pembangunan manusia Indonesia dengan kontribusi berupa “wisdom of the fast” yang di gali dari gagasan Bung Karno dari hasil kajian pada umumnya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ardan, seorang yang mencoba berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan melalu tulisan sederhana. semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar